Jika dirasa bermanfaat, silahkan copas artikel blog ini

Cara Backup Data Pada Android

Smartphone atau tablet Android tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi saja, banyak orang yang memanfaatkan gadget tersebut sebagai media penyimpanan data yang portabel. Data yang banyak disimpan pada perangkat Android sangat beragam mulai dari kontak, video, foto, file musik atau mp3 maupun dokumen penting untuk pekerjaan sehari-hari. Anda tentunya tidak menginginkan jika data-data penting tersebut tiba-tiba hilang akibat perangkat mengalami kerusakan atau hilang dicuri orang. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk membackup semua data agar Anda tidak terlalu panik dan kebingungan ketika data-data tersebut hilang atau rusak. Umumnya, ada tiga metode utama yang sering digunakan untuk backup data Android yakni melalui PC/laptop, secara online dan secara offline.

Cara Backup Data Pada Perangkat Android

Untuk backup data berupa foto, audio dan video melalui PC/laptop, Anda cukup menghubungkan perangkat Android dengan komputer secara langsung menggunakan kabel USB. Selanjutnya Anda tinggal menyalin ataupun memindahkan data-data dari perangkat Android ke folder komputer yang sudah dibuat. Jika kabel USB tidak tersedia, Anda bisa memindahkan data dengan menggunakan memori eksternal atau microSD. Pastikan bahwa Anda sudah memiliki memory card reader yang masih berfungsi dengan baik agar proses penyalinan data berjalan lancar. Selanjutnya salinlah atau pindahkan semua data pada microSD tadi ke folder komputer menggunakan card reader.

Untuk backup data seperti daftar kontak, SMS, memo, e-mail dan data kalender, Anda tidak bisa melakukan backup data langsung menggunakan kabel USB atau card reader. Untuk membackup data-data tersebut, Anda harus menggunakan metode online dengan memanfaatkan fitur Google Back Up.
Biasanya fitur atau layanan ini sudah tersedia pada semua smartphone atau tablet Android dan Anda tinggal mengaktifkannya saja. Langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur ini adalah:

  1. Pada menu “Setting”, pilih “Personal” kemudian pilih “Back Up and Reset”
  2. Beri tanda centang atau ceklis pada bagian “Back Up and Restore”
  3. Kembali ke menu “Setting”, kemudian pilih menu “Personal”
  4. Pilih menu “Account and Sync”
  5. Masukkan akun Google yang digunakan pada perangkat Android, kemudian lanjutkan pada proses sinkronisasi dengan fitur Google Back Up
  6. Kemudian Anda akan melihat daftar atau list data yang akan di-sinkronisasi
  7. Pilih satu persatu file atau data yang akan dibackup atau Anda juga dapat membackup semua file sekaligus

Cara backup data Android secara offline juga bisa dilakukan dengan memanfatkan berbagai aplikasi backup yang banyak tersedia di Google Play Store secara cuma-cuma. Contohnya, Mobile Backup 2, My Back Up, App Backup and Reinstall, My Phone Explorer dan JS Backup. Cara menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut juga sangatlah mudah, Anda cukup membuat file backup dengan aplikasi tersebut kemudian pindahkan file backup tadi ke komputer atau notebook

Cara Backup Data Pada Android Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Eny Luxma