Jika dirasa bermanfaat, silahkan copas artikel blog ini

Tips Cara Merawat Android yang Benar

Tips Cara Merawat Android - Sedikit ulasan dari saya. ini adalah cara termudah atau dasar yang akan membantu setidaknya menambah umur Android dan pastinya dapat meningkatkan efektifitas kinerja smartphone Android sehingga semakin nyaman dalam berkomunikasi.

Tips Cara Merawat Android yang Benar

Berikut Tips dan Trick Merawat Android

1. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan
Anda mungkin tidak tahu banyak aplikasi yang tidak pernah agan gunakan berjalan di latar belakang dan memakan sumber daya sistem Android. Setiap aplikasi yang tidak terpakai memiliki potensi untuk membawa performa ponsel agan menurun. Sangat mudah untuk menguninstall aplikasi yang sudah terinstall.

2. Install Aplikasi Launcher Baru
Aplikasi Launcher pada Android tentu akan mengatur desktop, aplikasi lock screen dan bagian penting lainnya dari UI. Meskipun setiap ponsel Android dilengkapi dengan aplikasi launchernya sendiri, Anda dapat menginstal sebuah peluncur pihak ketiga yang tidak hanya akan mengubah tampilan dan nuansa dari perangkat, tetapi juga mempercepat waktu yang dibutuhkan untuk bernavigasi di seluruh OS. Ada banyak aplikasi launcher di luar sana, tapi disarankan untuk menggunakan Lightning Launcher, karena aplikasi ini merupakan salah satu yang tercepat dan termudah untuk digunakan.

3. Hapus Cache Aplikasi
Seiring waktu, program akan menulis cache aplikasi pada smartphoen Android dan memakan sumber daya sistem yang berharga dan memperlambat kinerja ponsel. Anda dapat menghapus cache pada setiap aplikasi dengan mengunjungi halaman properti dalam menu Pengaturan dan menekan tombol clear cache, tetapi dengan puluhan aplikasi pada ponsel agan, tentu akan memakan banyak waktu untuk melakukannya. Kini ada aplikasi Cache Cleaner, sebuah aplikasi gratis yang akan membuat mudah pekerjaan dalam membersihkan cache pada semua aplikasi sekaligus dengan hanya beberapa ketukan. Setelah menginstal dan menjalankan aplikasi ini, cukup tekan Clear All dan tugas selesai.

Tentu saja cache akan memenuhi ponsel dari waktu ke waktu, dan harus menghapusnya kembali. Aplikasi Cache Cleaner memiliki fitur Auto Clear. Masuk ke menu pengaturannya, tekan Auto Clear Intervaldan pilih durasi, maka secara otomatis akan menghapus cache secara teratur. Namun, ini berarti bahwa aplikasi perlu berjalan di latar belakang.

4. Hapus Widget dan Shortcut yang Tidak Perlu
Bahkan dengan aplikasi launcher yang diinstal ke dalam ponsel Android akan menggunakan lebih banyak memori yang lebih untuk widget dan shortcut. Anda bisa menyingkirkan widget dan shortcut yang tidak terlalu penting untuk digunakan dan menghapusnya dengan long pressing dan drag mereka keluar dari layar. Sejumlah ponsel membawa widget yang mengiklankan layanan seperti toko media atau layanan berita, jika memang tidak membutuhkannya maka hapus dan singkirkan mereka.

5. Mengatur Penggunaan Data Latar Belakang
Email, Gmail, Facebook, Twitter dan aplikasi lainnya akan membutuhkan penggunaan data setiap waktu dan teratur. Semua itu tidak hanya akan memakan baterai Agan, tetapi juga memakan sumber daya sistem dan memperlambat perangkat. Ada beberapa layanan yang mungkin memerlukan sinkronisasi secara real time, namun ada cara lain, yakni anda bisa memeriksanya secara manual. Untuk mematikan data di latar belakang dalam aplikasi lain seperti Facebook atau email, harus pergi langsung ke menu pengaturan mereka dan mencari pilihan untuk tidak pernah melakukan update.


Mampang kan? sekian artikel Tips Cara Merawat Android yang Benar, semoga bermanfaat.

Tips Cara Merawat Android yang Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown